3 Kunci Penting Ciptakan Positive Vibes dalam Budaya Perusahaan

published on 09 September 2022
image-gv0sl

Apa yang membuat pelamar bisa merasakan positive vibes saat bisa bekerja di sebuah perusahaan?

Mungkin jawaban yang paling sering kita dengar adalah antara gaji yang cukup atau pekerjaan yang diperoleh adalah dream job mereka. Tapi kalau bisa kita telisik lebih dalam lagi, ada beberapa hal yang membuat seseorang ingin bisa bekerja di perusahaan tertentu, salah satunya adalah company culture.

Setiap generasi pasti punya preferensi mereka sendiri dalam memilih tempat bekerja, khususnya para Gen Z yang mulai mendominasi perusahaan rintisan (startup). Menurut Culture Amp, ada beberapa faktor yang menjadikan sebuah perusahaan rintisan menjadi tempat berlabuhnya para Gen Z untuk bekerja, yaitu kehadiran kultur kerja yang bagi mereka beneficial.

Di sesi webinar SheTalks pada 2 September 2022 kemarin, SheHacks 2022 memberikan kesempatan untuk, tidak hanya Gen Z, tapi juga entrepreneurs lainnya untuk memahami lebih dalam tentang kultur kerja yang sekiranya mampu memberikan dampak positif untuk pelamar maupun yang sudah bekerja di dunia startup.

Seri kali ini menghadirkan Wita Krisanti (Indonesia Country Manager, Investing in Women) dan Naula Kamila (Co-Founder & CEO, Mecapan), dimoderatori oleh Andrea Jean (Community & Membership Specialist, Ruang&) dalam webinar bertopik “Memupuk Kesetaraan & Toleransi dalam Budaya Perusahaan Rintisan".

Dari insight para pembicara, ada 3 kunci penting yang bisa kita pelajari untuk menciptakan company culture yang bisa berikan positive vibes untuk para pelamar ataupun yang sudah bekerja.

Perusahaan Sebagai Ruang Belajar

Budaya perusahaan adalah image paling pertama yang menjadi sorotan pelamar kerja saat mereka ingin bekerja di sebuah perusahaan rintisan. Menurut Naula dan Wita, mengutamakan dan memupuk nilai learning mindset pada tim dan perusahaan adalah hal yang harus dipersiapkan dalam membangun company culture.

Dengan menciptakan ruang di mana siapa pun bisa belajar dan sekaligus mendukung mereka yang ingin belajar hingga hal yang di luar skill mereka, akan memberikan dampak sangat positif untuk pelamar/pekerja dalam produktivitas kerja mereka.

Wita juga menambahkan bahwa dalam perusahaan rintisan, sosok seorang mentor juga penting untuk mendukung proses ini yang mana memberikan arahan, diskusi, motivasi, hingga evaluasi dua arah bagi pekerja untuk bisa selalu improve.

Orientasi Pada Target Yang Jelas

Pekerja di era sekarang, khususnya Gen Z, tidak hanya mementingkan gaji sebagai alasan mereka untuk bekerja, melainkan juga jenjang karir, passion, dan cara mereka untuk bisa selalu produktif dan efisien dalam mencapai tujuan mereka di jenjang karir. Otomatis, orientasi mereka adalah pencapaian target yang tepat baik untuk dirinya sendiri ataupun perusahaan.

Di sini lah kehadiran peran metode OKR (Objective & Key Results) dan KPI (Key Performance Indicator) dalam perusahaan sangat penting bagi para pekerja.

Selain menjadi representasi target yang jelas, OKR & KPI juga membantu para pekerja untuk bisa fokus pada growth dan engage dengan pekerjaan mereka, di mana kedua metode tersebut juga menjadi cara mereka untuk berdaya sebagai individu.

Kesetaraan, Keberagaman, dan Kesehatan

Poin ini adalah yang paling terpenting bagi para pekerja untuk bisa selalu nyaman dan produktif dalam bekerja. Di era sekarang, sebuah perusahaan yang mengedepankan kesetaraan dan keberagaman dan kesehatan para pekerjanya sebagai budaya perusahaan atau dalam tim mempunyai nilai plus bagi para pencari kerja.

Kesetaraan tidak semata hanya untuk gender, dan keberagaman tidak semata hanya untuk ras, melainkan siapapun dengan kondisi apapun bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja dan menambah ilmu di tempat yang memberikan budaya kerja yang tepat bagi mereka.

Menciptakan kesetaraan itu juga yang menjadi topik utama pada program SheHacks 2022 kali ini dengan menghadirkan beragam topik webinar dengan beragam insight untuk siapapun bisa belajar ilmu-ilmu seputar teknologi, kewirausahaan, hingga sesuatu yang baru, khususnya untuk perempuan di seluruh Indonesia.

Cek jadwalnya dan ikuti rangkaian webinar dengan beragam topik lainnya di shehacks.id.

Read more