Ekonomi Indonesia Maju Bersama Skincare Lokal

published on 25 July 2022
image1-xep62

Produk skincare sedang naik daun di era pandemi, dan banyak brand lokal mulai tumbuh untuk mengikuti arus tren ini. Untuk mendukung Webinar yang digelar online melalui YouTube Indosat Ooredoo Hutchison, berjudul “Peran Local Beauty & Wellness Brand dalam Mendorong Industri Health Tech di Indonesia”, pada kamis, 23 Juni 2022.

Diskusi kali ini melibatkan beberapa narasumber di industri skincare dan kesehatan kulit, yaitu Founder True To Skin, Riska Elastria, CEO Oganic.ID, Septia Erianty, dan juga Reeza Edward, Sp.DV yang merupakan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Webinar ini juga turut mengundang Kevin Ben Laurence, RPh, Apt selaku Director International Pharmaceutical Federation (FIP) Foundation for Education and Research sebagai moderator.

Masa pandemi bisa dibilang jadi momen yang fenomenal di industri skincare, karena ternyata berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 di kuartal pertama pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional termasuk Local Beauty & Wellness Brand tumbuh 5,59%, dan berpotensi besar untuk terus bertumbuh seiring keberadaan teknologi di bidang kesehatan, termasuk menyasar ke dunia kecantikan. 

Menurut Riska Elastria, beauty enthusiast yang bergerak di bisnis skincare tidak perlu pusing lebih lama tentang cara berbisnis, karena kemajuan teknologi sekarang bisa memberikan banyak fitur untuk membantu riset data dan pengumpulan informasi mengenai konsumen, target pasar. Lewat metode artificial intelligence yang juga sudah bisa tracking keluhan pasien secara digital, menurut dr. Reeza Edward

"Di luar negeri hal semacam ini sudah mulai bermunculan. Sehingga menjembatani produsen atau dokter dengan pasien. Ini menjadi peluang untuk pegiat bisnis tersebut," ujarnya.

Di sisi lain, para pelaku bisnis melihat adanya perbaikan dari sisi kebijakan pemerintah berupa regulasi untuk memperkuat eksistensi produk lokal. Septia Erianty mengatakan, pemerintah menyadari bahwa roda perekonomian terus bergerak dengan adanya pengusaha lokal, termasuk bisnis skincare.

"Dalam industri ini, yang terpenting adalah regulasi dan pengawasan. Dengan begitu, akan memastikan produk dapat berkompetisi secara fair," kata Septia.

Jadi tidak perlu ragu untuk mencoba dan mendalami bisnis skincare, wellness brand, dan kecantikan.

Ketinggalan sesi webinarnya? Jangan khawatir. Saksikan cuplikan webinar SheHacks 2022, di Youtube Indosat Ooredoo Hutchison sekarang.

Untuk kamu perempuan yang ingin memecahkan masalah di Indonesia menjadi solusi yang nyata, ikuti program SheHacks 2022. Indosat Ooredoo Hutchinson lewat program SheHacks 2022 membawa misi untuk mengurangi kesenjangan gender dalam bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. 

Didedikasikan untuk perempuan Indonesia yang unggul dan berdaya dalam entrepreneurship serta berinovasi dalam teknologi. Kamu bisa mendaftar hingga 31 Juli 2022 tanpa dipungut biaya. Selain itu, kamu juga berkesempatan memenangkan total hadiah 150 juta, loh.

Tunggu apa lagi? Daftarkan diri dan tim kamu sekarang.

Perempuan Hebat, Indonesia Kuat!

Read more