Ingin Meningkatkan Kualitas Hidup jadi Lebih Happy? Coba Meditasi Mindfulness, yuk!

published on 28 June 2022
bdgbdafgba-n69rw

Tekanan dari tempat kerja yang tinggi, tuntutan dari orang tua yang kadang buat pusing, hiruk pikuk kota bikin sesak di dada, tak ingin kalah dari rekan kerja adalah beberapa contoh masalah yang sering anak muda hadapi, yang berujung pada gaya hidup tidak sehat.

Beberapa contoh misalnya, terjebak dalam stress berkepanjangan, cenderung suka menghabiskan uang untuk “healing”, atau bahkan menyiksa diri sendiri. Terutama untuk anak muda dan perempuan di perjalanan karirnya.

Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan mengelola emosi, pikiran, dan fisik, hal ini bisa dicapai melalui pola hidup mindfulness.

Gimana Peran Mindfulness untuk Meningkatkan Kualitas Hidupmu?

aerfswc-rq98h

Mindfulness sendiri adalah teknik meditasi yang bisa melatih kamu untuk fokus dengan keadaan sekitar dan menerimanya secara terbuka tanpa menghakimi apapun.

Sadarkah kamu ketika sedang banyak pikiran atau emosi, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol? Akibatnya, jantung akan berdetak lebih cepat, menurunkan nafsu makan, serta menumbuhkan rasa cemas berkepanjangan.

Normalnya, kondisi ini bisa pulih sendiri setelah perlahan masalah terurai. Namun untuk sebagian orang masalah ini kadang berkepanjangan.

Mindfulness menurut Alodokter, tidak jauh berbeda dengan meditasi biasanya, yaitu mengontrol tubuh agar lebih tenang, nyaman, serta mengenali kondisi diri. Saat melakukan mindfulness, kamu akan didorong untuk mengesampingkan pikiran negatif dan fokus menerima diri apa adanya.

Secara perlahan tubuhmu akan terasa lebih tenang, rileks, emosi juga mulai mereda. Saat inilah kamu bisa mulai meninjau kembali kendala, masalah, serta bagaimana cara menyelesaikannya. Akhirnya bisa mengatasi cemas berkepanjangan, stress, bahkan depresi.

Keseimbangan jadi Kunci Kebahagiaan

wrgedgvsd-zg9ju

Terapi mindfulness juga membantu orang untuk lebih peka dan objektif dalam menilai diri sendiri. Hal ini karena stres dan depresi tersebut, salah satu penyebabnya adalah memandang buruk terhadap diri sendiri. 

Penelitian Desbordes memperkuat bukti bahwa terapi mindfulness memberikan dampak positif. Berdasarkan penelitiannya, pasien yang memiliki pikiran yang buruk diminta untuk mulai mengubah penilaian tentang dirinya sendiri dan bermeditasi, menciptakan keseimbangan pikiran, emosi, dan penilaian diri.

Tips Menjaga Keseimbangan Pikiran agar Lebih Bahagia

sfcsafcsaz-saf4z

Menjaga keseimbangan pikiran sebenarnya cukup mudah, loh. Berdasarkan Healthline, kamu bisa memulainya dengan aktivitas sederhana. Contohnya berolahraga rutin, jaga pola makan, istirahat cukup, dan bersosialisasi, yang bisa mendorong seseorang untuk berpikir lebih jernih, mampu mengelola emosi, dan terhindar dari stres.

Gaya hidup sehat seperti ini akan mudah dilakukan diiringi niat yang sungguh - sungguh, karena realitanya banyak perempuan yang merasa tertekan dan pesimis dengan kehidupannya. Namun tahukah kamu, ternyata kamu juga bisa membantu mereka menghadapi segala tantangan melalui lifestyle ini, lho. 

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program SheHacks 2022. Kamu lebih mengerti bagaimana menjadi mindful bisa membantu perempuan mewujudkan mimpinya. Selain itu, kamu juga akan berperan dalam membangun kesetaraan gender di Indonesia.

Periode pendaftaran masih dibuka hinggal 31 Juli 2022. Yuk, jangan tunda hal baik, semua dimulai dari diri kamu.

Klik disini untuk info lebih lanjut.

Read more