Ini Ide Resolusi Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang!

published on 21 June 2022
photo-1416169607655-0c2b3ce2e1cc-skq7u

Bumi semakin lama tentu semakin tua. Sebagai manusia yang menghuni bumi tentunya kamu memiliki peran yang penting untuk menjaga lingkungan hidup. 

Untuk menjadi pelindung bumi, kamu nggak harus jadi seorang Greta Thunberg, tapi kamu bisa mulai dengan caramu sendiri. Tidak hanya untuk keberlangsungan hidup saat ini, dengan memperhatikan lingkungan bumi, kamu juga bisa mempersiapkan tempat terbaik untuk generasi selanjutnya.

Kegiatan Sederhana yang Berdampak Besar

wepik--2022521-13429-nbqck

Hey, i guess kamu tentunya juga dapat berkontribusi untuk melakukan berbagai kegiatan ramah lingkungan. Berikut ini adalah beberapa ide sederhana yang bisa kamu lakukan sejalan dengan isu lingkungan hidup yang menjadi fokus utama.

Meningkatkan Daur Ulang 

photo-1595278069441-2cf29f8005a4-wg5q3

Isu sampah menjadi isu lingkungan yang setiap tahun masih menjadi fokus utama di berbagai bagian dunia. Ternyata, ketika pandemi berlangsung pengelolaan sampah mengalami hambatan. 

Selain itu, gaya hidup masyarakat yang suka berbelanja dan memesan makanan online juga berpengaruh terhadap tumpukan sampah. 

Apabila kamu juga suka memesan makanan online dan mendapatkan kemasan take away, kamu bisa menggunakannya kembali dengan melakukan daur ulang. 

Gunakan beberapa botol untuk menjadi tempat menanam tanaman. Kamu juga bisa memisahkan sampah kemudian memberikannya ke agen daur ulang atau bank sampah.

Membuat Tanaman Sederhana

young-woman-cultivating-plants-home-30a01

Isu selanjutnya yang juga menjadi fokus utama di Indonesia adalah isu banjir. Memang, tren bencana banjir mengalami penurunan pada 2021 namun ternyata korban bencana banjir justru mengalami peningkatan. Ternyata, ada satu ide yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya banjir yang cukup besar. 

Kamu bisa mulai dari menanam pohon pada halaman rumah yang juga bisa membuat rumah tampak indah dan lebih asri. Hadirnya pohon pada pekarangan rumah kamu membuat air hujan menjadi lebih mudah diserap. Langkah ini bisa meminimalisir terjadinya banjir, bisa dimulai dari rumah kita terlebih dahulu.

Menggunakan Tas Belanja 

priscilla-du-preez-L3lznpRPZbI-unsplash-s3nbf

Kini, banyak orang yang juga telah menggunakan tas belanja untuk menggantikan kantong plastik. Kamu juga bisa untuk mulai mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Selain bisa digunakan terus menerus, reusable bag juga membantu mengurangi masalah  penumpukan sampah yang dapat menyebabkan berbagai hal seperti banjir dan permasalahan lingkungan lainnya.

Mengubah Gaya Hidup 

photo-1604799933120-e306b7b50525-0hc1a

Isu selanjutnya yang menjadi sangat penting adalah tentang isu gaya hidup. Gaya hidup yang tidak ramah lingkungan.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan? 

Mulai sekarang, kamu bisa mengubah gaya hidup menjadi ramah lingkungan dengan menerapkan green lifestyle. 

Gaya hidup ini tidaklah rumit seperti memisahkan sampah sesuai dengan jenisnya, menggunakan AC atau  peralatan elektronik secukupnya, dan atau kamu juga bisa memilih untuk berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum saat bepergian.

Berbagai hal tersebut harus kamu lakukan mulai sekarang untuk menjaga keberlangsungan hidup.

Sebagai perempuan, tentunya kamu juga memiliki peran yang penting sebagai agent of change dengan melakukan berbagai hal sederhana namun berdampak untuk lingkungan dan kehidupan.

Tantangan dan solusi masalah lingkungan hidup adalah tugas kita bersama. Melalui program pembinaan SheHacks 2022, bisa jadi langkah konkrit kamu untuk ciptakan perubahan bersama ratusan perempuan lainnya. Mengubah masalah menjadi solusi yang bisa didapatkan melalui program pelatihan, sesi 1 on 1 dengan pakar industri, hingga pendampingan oleh para mentor. 

Pendaftaran masih dibuka hingga 31 Juli 2022, daftarkan diri atau tim kamu di sini. Jangan tunda hal baik karena semua dimulai dari diri kamu.

Perempuan Hebat, Indonesia Kuat!

Read more