5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Dukung Kesetaraan Gender

updated on 10 May 2022
Group 125 (4)-9w7im

Indonesia masih jauh dari kata “setara” dalam kesetaraan gender di berbagai hal. Terbukti dari Global Gender Gap Report 2021, Indonesia menempati posisi 101 dari 156 negara, sedangkan di Global Gender Gap Index 2020, Indonesia justru menempati posisi 85 dari 153 negara dalam keseteraan gender.

Keseteraan gender erat juga kaitannya dengan pembangunan ekonomi Indonesia, kalau menurut Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, “(ini) bukan hanya semata persoalan moral dan keadilan.”

Lalu apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini?

Ada banyak banget hal yang bisa jadi cara kita untuk berpartisipasi mendukung sukseskan kesetaraan gender, paling tidak  kita bisa mulai dari lingkungan kita dulu. Apa aja, sih?

  • Safe Space

Beri ruang yang lebih fleksibel dan aman untuk perempuan (ataupun laki-laki) untuk bisa mengekspresikan diri mereka tanpa tekanan soal gender. Bisa dengan kebebasan berpendapat, menuangkan ide, berinovasi, ataupun yang lainnya.

  • Semua Jalan Sama-Sama

Kesetaraan gender tidak cuma soal keseimbangan atau berdiri sama tinggi, tapi juga tentang keterbukaan akses fasilitas penunjang yang sama untuk seluruh gender bisa saling meningkatkan kemampuan diri dan saling memberdayakan.

  • Work-Life Balance

Sebagai perempuan, ada banyak banget tuntutan dan kewajiban yang harus mereka jalani di luar dari pekerjaan sehari-hari, seperti mengasuh anak. Untuk mengatasi ini, perusahaan juga bisa ambil andil dalam memberikan kebijakan untuk perempuan bisa fleksibel dalam bekerja ataupun work-life balance karyawan perempuannya (ini juga berlaku ke karyawan laki-laki, lho).

  • Saling Jaga

Diskriminasi terhadap gender khususnya perempuan, sering terjadi di lingkungan sehari-hari, termasuk lingkungan kerja, mau itu dalam hal profesional atau pun personal. Saling edukasi diri untuk bisa identifikasi adanya diskriminasi; dari level pimpinan hingga karyawan untuk mendorong kesadaran terhadap pentingnya kesetaraan gender di lingkungan kerja.

  • Semua Punya Kesempatan

Pemimpin tidak selamanya harus laki-laki karena seorang perempuan juga punya cara uniknya sendiri dalam kepemimpinan dan mengatasi masalah. Jadi tidak ada salahnya untuk seorang perempuan punya kesempatan untuk take the lead.


Tapi selain lima poin di atas tadi, kamu juga bisa ikut gabung bersama ribuan perempuan lainnya untuk bisa meningkatkan kemampuan dan inovasi kamu di SheHacks 2022. Mulai dari webinar pemberdayaan perempuan, mentoring, hingga bertemu calon investor bisa kamu dapatkan dalam satu rangkaian kegiatan. Pastikan kamu jadi peserta di SheHacks 2022!

Jangan Remehkan Suatu Ide!

Kamu bisa baca artikel ini di sini 

Read more