Teknologi Jadi Solusi untuk Kewirausahaan Perempuan

published on 13 June 2022
Background Article 2-2mkn8

Siapa yang kesehariannya masih belum berteman dengan teknologi? Berangkat kerja, pakai aplikasi ojek online. Belajar, bisa menggunakan platform online. Hingga perkara perut lapar pun, tinggal ambil handphone dan pesan secara online hanya dengan sentuhan jari.

Kemajuan teknologi yang semakin cepat menciptakan perubahan yang memudahkan setiap kegiatan yang kita lakukan. Membantu hal yang sudah sederhana menjadi semakin mudah. Hampir semua aktivitas sehari-hari telah bersentuhan dengan kemajuan teknologi. Mulai dari bekerja hingga ke hal-hal sederhana seperti memesan makanan.

Dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan perekonomian sangat diperlukan dukungan teknologi yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat. Melalui pemanfaatan produk-produk yang telah didigitalisasi, kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat.

Fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang ini semakin banyak perempuan yang membantu suami dan keluarganya mencari penghasilan tambahan, selain didorong oleh kebutuhan ekonomi keluarga, perempuan juga semakin mampu berekspresi di tengah keluarga dan masyarakat.

Berwirausaha akan memperluas lapangan pekerjaan dan membangun perekonomian karena kewirausahaan meningkatkan kegiatan ekonomi, pendapatan keluarga, dan kesejahteraan sosial. Sehingga dengan berwirausaha juga membantu dalam menurunkan angka kemiskinan.

Namun masih banyak teknologi yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Banyak pemilik bisnis termasuk ibu rumah tangga yang belum memahami penerapan dan pengetahuan menggunakan teknologi yang ada.

Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat menggunakan teknologi yang berfungsi menunjang kegiatan wirausaha, diperlukan adanya sosialisasi, pelatihan teknis, hingga pendampingan untuk memberikan pemahaman tentang pemanfaatan teknologi sebagai instrumen berwirausaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan semakin mendorong para perempuan untuk makin berdaya melalui pemanfaatan teknologi.

Berdasarkan temuan survei kolaborasi yang dilakukan Kominfo dan Katadata Insight Center (KIC) mereka melakukan pemetaan kompetensi digital masyarakat yang berlangsung pada 4 – 24 Oktober 2021 di 34 provinsi di Indonesia. Hal ini ditempuh melalui survei status literasi digital dan mengukurnya menjadi Indeks Literasi Digital Indonesia. Hasilnya bahwa Indeks Literasi Digital Indonesia ada di level sedang, dengan skor 3,49 dari skala 1 – 5.

Maka dari itu, diperlukan adanya dorongan pertumbuhan inovasi di bidang teknologi yang tidak hanya mampu mendorong peningkatan taraf hidup, tetapi juga dapat menjadi strategi jangka panjang untuk meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh informasi tentang teknologi dalam pengembangan usahanya.

kamu ada ide untuk meningkatkan peluang kewirausahaan melalui teknologi? Atau tim kamu sudah punya visi-misi yang bertujuan untuk berdayakan masyarakat?

Tantangan ini adalah masalah kita bersama, dan melalui program pembinaan Indosat Ooredoo Hutchison, SheHacks 2022, menjadi solusi yang bisa didapatkan melalui program webinar, pelatihan hingga pendampingan oleh para mentor.


Pertanyaan lain terkait program SheHacks 2022 bisa kamu klik disini atau email ke admin@shehacks.id untuk informasi lebih lanjutnya, ya.

Read more