Peluang Perempuan dalam Berkarir di Era Teknologi Modern

published on 28 June 2022
sdsfas-iw4zy

Kesempatan untuk perempuan bisa mendapatkan kebebasan dalam meraih pekerjaan yang layak masih menjadi topik hangat dan penuh perdebatan hingga hari ini. Salah satu sebabnya adalah budaya patriarki dan anggapan bahwa perempuan seharusnya fokus mengurus rumah tangga, melayani suami, dan mendidik anak.

Namun, perlahan budaya ini mulai memudar di setiap lapisan masyarakat dan perempuan mulai banyak mengambil peran dan pekerjaan penting di berbagai bidang. Bermunculan juga para womenpreneur seperti Natasha Christina, Martha Tilaar, Hanifa Ambadar, dan masih banyak nama lainnya yang turut menginspirasi gerakan ini.

Teknologi Masa Kini Memberikan Pengaruh Pada Peluang Perempuan untuk Berkembang

Kemajuan teknologi dan penetrasi internet ke seluruh lapisan masyarakat juga memberikan pengaruh besar pada cara perempuan mendapatkan hak dan kebebasannya mencari jati diri. 

Tidak hanya memanfaatkan teknologi untuk update status, mengobrol dengan kawan, mencari informasi terkini di seluruh dunia, tetapi bisa menggunakannya untuk mencari peluang karir baru dan bisa lebih leluasa berkreasi dan mengejar kesuksesan sesuai passion.   

Selain itu, apa saja sih keunggulan teknologi yang bisa perempuan Indonesia manfaatkan untuk mendalami passion dan peluang?

  1. Membuka Usaha Melalui Online Shop
srgs-4267b

Berdasarkan riset Katadata, masyarakat Indonesia termasuk salah satu yang menggunakan layanan e-commerce terbesar di dunia. Sebanyak 88,1% penduduk Indonesia sudah mulai berbelanja secara online. 

Hal ini menunjukkan bahwa potensi pasar di Indonesia sangat besar dan kamu bisa menggunakan informasi ini untuk membuka peluang kerja sendiri. Contohnya, kamu bisa menjadi reseller, dropshipper, atau membuka bisnis online mandiri.

2. Membuka Course atau Kelas Sesuai Keahlian. Membuka Course atau Kelas Sesuai Keahlian

adsfvs-9l7vm

Pandemi 2020 mengubah cara pandang masyarakat dalam belajar dan mendapatkan ilmu, yaitu mulai mengikuti kursus online. Sebanyak lebih dari 52% pelajar di Indonesia sudah mulai memanfaatkan kursus online untuk menambah ilmunya. 

Ini adalah potensi besar buat kamu yang memiliki kecintaan di dunia pendidikan. Terlebih jika kamu ingin membagikan ilmu yang kamu punya. 

Jenis kursusnya juga beragam mulai dari kursus bahasa asing, kursus desain, kursus memasak, dan berbagai jenis lainnya. Kamu bisa menyesuaikan diri dengan hobi dan keterampilan, jadi, intinya kamu melakukan hobi tapi dibayar.

3. Membuka Berbagai Peluang

sAFSDFGS-1uyx0

Buat kamu yang gemar bersosialisasi dan mengikuti perkembangan teknologi, bisa mencari peluang kerja dengan berkolaborasi bersama yang lain. Beberapa contoh kolaborasi paling umum adalah membuat konten digital, freelance, atau endorsement

Keunggulan membuka peluang kerja sama ini adalah membangun networking. Kamu bisa berkenalan dengan banyak orang inspiratif, mempelajari banyak hal dari mereka, bahkan mendapatkan banyak kesempatan di masa depan.

4. Mengembangkan Sosial Media

egdfgdsgd-l3dkm

Kamu bisa mengambil peluang dari kebiasaan masyarakat Indonesia lho, seperti membangun channel edukasi, menjadi influencer, atau bahkan mengembangkan online shop. Banyak peluang yang bisa kamu optimalkan dengan menggunakan sosial media.  

Banyaknya peluang kerja di era teknologi seharusnya tidak membatasi gerak perempuan. Selain itu, perempuan bekerja juga merupakan salah satu bentuk menghargai, memberdayakan, dan memberikannya kesempatan untuk meraih impiannya.

Untuk kamu yang ingin memulai karir di tengah kemajuan teknologi dan bingung hendak mulai dari mana, daftarkan diri atau tim kamu di program SheHacks 2022. Melalui program ini kamu akan mendapatkan inspirasi dari perempuan lain untuk mulai berinovasi dan mengubah paradigma tentang perempuan dan pekerjaan.

Pendaftaran masih dibuka hingga 31 Juli 2022, jangan tunda hal baik, karena kamu berkesempatan mendapatkan kolaborasi dengan beberapa partner bisnis.

Read more